Rabu, 18 Agustus 2010

Perangkat Keras Untuk Akses Internet

Pada suatu jaringan biasanya untuk menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer yang lain biasanya menggunakan media kabel, namun bersamaan dengan perkembangan teknologi jaringan sekarang ini hubungan antara dua komputer dalam suatu jaringan tidak harus menggunakan kabel, namun dapat menggunakan media tanpa kabel (nirkabel atau wireles).

Jaringan yang menggunakan media kabel pada saat tranmisi dari satu komputer ke komputer yang lain melalui kabel-kabel, sedangkan bila menggunakan wireless (tanpa kabel) maka pada saat transmisi dari satu komputer ke komputer yang lain dengan menggunakan gelombang radio.

Bila kita menggunakan jaringan dengan menggunakan wireless maka ada beberapa keuntungan yang dapat kita dapatkan bila dibandingkan dengan menggunakan media kabel. Keuntungan tersebut antara lain:

  1. Jaringan dengan nirkable dapat ditempatkan dan dibawa sesuai dengan kehendak kita yang penting masih dalam batas aksesnya.
  2. Proses instalasi jaringan dengan nirkabel ini sangat cepat dan mudah.
  3. Dengan jaringan nirkable ini lebih murah biayanya bila dibandingkan dengan menggunakan kabel walaupun pada pengeluaran awal besar harganya.
  4. Jaringan dengan nirkabel (wireless)fleksibel karena kita dapat memindahkan komputer yang terhubung tidak perlu melakukan instalasi lagi yang penting hanya batas jangkauan untuk aksesnya.

Selain keuntungan seperti di atas jaringan dengan menggunakan jaringan nirkabel mempunyai kelemahan antara lain:

  1. Transmisi dari satu komputer ke komputer lain akan terpengaruh oleh transmisi komputer lain.
  2. Biayanya lebih mahal.
  3. Kerahasiaan data kurang terjamin karena menggunakan media gelombang radio maka sinyalnya kadang terputus.

Pada suatu jaringan komputer terdapat beberapa perangkat yang perlu ada agar jaringan yang dibuat dapat berfungsi dengan maksimal untuk digunakan sebagai transfer data maupun untuk saluran telekomunikasi.

Berikut ini disampaikan beberapa alat yang diperlukan untuk suatu jaringan yang nantinya untuk mengakses internet serta fungsi dari alat-alat tersebut:

a. Kabel

Pada jaringan yang menggunakan media kabel dikenal beberapa jenis kabel antara lain: Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), Kabel STP (Shielded Twister Pair) dan Kabel Coaksial yang terdiri dari Thick Coaksial dan Thin Coaksial.

b. Konektor

Konektor digunakan untuk menghubungkan antara kabel dengan ethernet card, dimana pada konektor ini ada dua jenis yaitu BNC dan konektor 8 pin.

c. Ethernet Card

Ethernet card merupakan komponen yang menghubungkan antara CPU dengan CPU yang lain, dengan menggunakan media kabel. Ethernet card bila dilihat dari selotnya dapat dibedakan dalam dua macam jenis yaitu PCI Ethernet card dan ISA Ethernet card. Perbedaan yang mencolok dari dua jenis ethernet card yaitu pada konektornya, bila pada ethernet card jenis ISA konektor panjang sedang untuk PCI konektor pendek sesuai dengan selot yang ada pada motherboard.

d. Switch Hub

Switch Hub berfungsi untuk menyatukan kabel jaringan dari setiap komputer baik client maupun server serta modem. Pada pasaran terdapat beberapa jenis Hub namun yang terpenting adalah jumlah port yang dimiliki. Hub dengan 8 port, Hub 16 port maupun Hub dengan 24 port.

e. Router

Router ini berfungsi untuk menghubungkan (menjadi jalur) jaringan LAN dengan internet sehingga router membuat jalur transmisi antara keduanya. Router akan mencari jalur paling tepat
untuk mentransmisikan data dari satu alamat asal menuju ke alamat tujuan.

f. Bridge

Bridge berguna untuk membagi sebuah jaringan menjadi dua jaringan maupun dapat membuat koneksi jaringan yang mempunyai topologi jaringan yang berbeda.

g. Repeater

Repeater mempunyai fungsi sebagai penguat sinyal dari jaringan yang menggunakan media transmisi sehingga bila jarak client pada suatu jaringan jauh perlu dikuatkan dengan router ini.

h. Gateway

Alat ini berfungsi untuk menghubungkan dua buah jaringan yang memiliki protokol yang sama sekali berbeda, contohnya untuk menghubungkan jaringan SNA (IBM) dan jaringan yang menggunakan sistem operasi jaringan NetWare (Novell)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar